Sabtu, 17 Oktober 2015

Pengenalan Matriks

Pengertian Matriks

Matriks adalah susunan kumpulan bilangan yang diatur dalam baris dan kolom dalam bentuk persegi panjang. Matriks dicirikan dengan elemen-elemen penyusun yang diapit oleh tanda kurung siku "[ ]" atau tanda kurung biasa "( )". Ukuran sebuah matriks dinyatakan dalam satuan ordo, yaitu banyaknya baris dan kolom dalam matriks tersebut. Ordi merupakan karakteristik suatu matriks yang menjadi patokan dalam operasi-operasi antar matriks.

Memahami ordo matriks merupakan hal yang perting karena cukup banyak terjadi  kesalahan dalam mengerjakan soal-soal matriks yang disebabkan oleh kekeliruan dalam memahami ordo matriks. Ketika seorang murid mengartikan ordo secara terbalik yaitu kolom dikali baris tentu hasilnya akan sangat berbeda. Matriks umumnya disimbolkan seperti berikut ini :

Am x n


Keterangan :

A = Nama Matriks

m = Banyaknya baris

n = Banyaknya kolom

m x n = Ordo Matriks


Jenis - Jenis Matriks

Pada matriks terdapat dua diagonal , yaitu diagonal utama dan diagonal sekunder. Pengertian diagonal utama dan diagonal sekunder dapat dilihat dari gambar di bawah ini.



Pada gambar diatas, diagonal utama merupakan garis miring yang dibentuk oleh elemen matriks 5, 7, dan 1 sedangkan diagonal sekunder merupakan garis miring yang dibentuk oleh elemen matriks 3, 7, dan 3.


Berdasarkan jumlah baris dan kolomnya, secara umum matriks dibagi menjadi lima jenis, yaitu :

1. Matriks Persegi
    => adalah matriks yang banyak baris dan kolomnya sama. Dengan kata lain, matriks persegi memiliki ordo n x n seperti 2 x 2 , 3 x 3 , dan seterusnya.


2. Matriks Baris
    => adalah matriks yang terdiri dari satu baris dan beberapa kolom. Matriks baris memiliki ordo 1 x n ; dengan n > 1 seperti 1 x 3 , 1 x 5 , dan lain sebagainya.


3. Matriks Kolom
    => adalah matriks yang terdiri dari satu kolom dan beberapa baris. Matriks kolom memiliki ordo n x 1 ; dengan n > 1 seperti 3 x 1 , 4 x 1 , dan lain sebagainya.


4. Matriks Mendatar
    => adalah matriks yang jumlah kolomnya lebih banyak dari jumlah barisnya misalnya matriks dengan ordo 2x4 ,2x6 ,dan lain sebagainya.


5. Matriks Tegak
    => adalah matriks yang jumlah barisnya lebih banyak dari jumlah kolomnya misalnya matriks dengan ordo 4x2,6x2, dan lain sebagainya.


Berdasarkan pola elemen-elemennya, matriks dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

1. Martriks Nol
    => adalah matriks berordo m x n yang elemennya-elemennya bernilai nol. 


2. Matriks Diagonal
    => adalah matriks persegi yang elemen-elemen selain diagonal utama benilai nol.


3. Matriks Identitas
    => adalah matriks persegi yang elemen-elemen di diagonal utamanya bernilai 1 dan elemen-elemen selain diagonal utama bernilai nol.


4. Matriks Segitiga
    => matriks segitiga terdiri dari dua jenis yaitu matriks segitiga atas dan matriks segitiga bawah. matriks segitiga atas merupakan matriks yang elemen-elemen di bawah diagonal utamanya bernilai nol. Matriks segitiga bawah merupakan matriks yang elemen-elemen diatas diagonalnya bernilai nol.


5.Matriks Simetris 
  => adalah matriks yang elemen-elemen di bawah dan di atas diagonal utamanya simetris. dengan kata lain pada sel mn sama dengan element pada sel nm,misalnya elemen pada sel 12 sama dengan elemen pada sel 21.Pada gambar dibawah ini dapat dilihat bahwa elemen pada sel 21 sama dengan pada sel 12 yaitu 2.


6.Matriks Skalar 
 =>adalah matriks yang elemen-elemen pada diagonal utamanya sama dan elemen lain bernilai nol.


Sumber :

http://bahanbelajarsekolah.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-dan-jenis-jenis-matriks.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar